Kamis, 14 November 2013

Adu HP Android OPPO Find Muse R821 dan Samsung Galaxy Ace3

Perkembangan HP Android atau ponsel pintar di Indonesia pada tahun 2013 ini sangat pesat. Itu terbukti semakin banyaknya produsen HP asal negara Cina yang masuk ke pasar Indonesia, salah satunya OPPO. Pada saat masuk ke Indonesia, OPPO langsung meluncurkan sebuah ponsel dengan spesifikasi tinggi, yaitu OPPO Find 5. Meskipun OPPO berasal dari Cina, namun kualitas ponsel OPPO bisa dikatakan lebih baik dari ponsel Cina yang lebih dulu masuk ke Indonesia.
Bagi Anda yang cukup penasaran dengan ponsel OPPO tersebut, berikut ini kita akan lihat perbandingan kualitas HP OPPO Find Muse R821 yang dijual dengan harga 1,8juta dengan HP Samsung Galaxy Ace3 yang harganya mencapai 2,3juta.

Kita mulai dengan OPPO Find Muse R821

OPPO Find Muse R821 telah didukung dengan jaringan 3G HSDPA yang menawarkan akses internet cepat di area yang didukung 3G. Sementara itu untuk EDGE dan GPRS juga disediakan untuk akses internet di daerah terpencil. Bagian layar menggunakan layar sentuh kapasitif IPS LCD yang memenampilkan gambar lebih realistis dan memiliki sudut pandang yang luas. Ukuran layar cukup luas yaitu 4 inci sehingga cukup memberi kenyamanan pada pengguna dalam menavigasi layar. Resolusi layar yang cukup rasional yaitu 480 x 800 piksel dengan kerapatan 233,2 ppi. Kapasitas penyimpanan internal yang cukup untuk kategori menengah ke bawah yaitu 4 GB. Adanya slot penyimpanan eksternal jenis microSD, sehingga Anda bisa menambah kapasitas penyimpanan hingga 32 GB. OPPO Find Muse R821 telah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Aandroid Jelly Bean versi 4.2.2. Bagian dapur pacu menggunakan prosesor inti ganda atau dual core dengan kecepatan masing masing 1,2  Ghz. Sementara itu untuk GPU atau unit pemrosesan grafis menggunakan Mali-400 yang memang ditujukan untuk kelas menengah. Adanya fitur wifi hotspot, membuat Anda bisa mengakses internet melalui wifi di area hotspot, dan OPPO Find Muse R821 bisa dijadikan sebagai akses point sehingga bisa berbagi koneksi internet dengan perangkat lain yang memiliki wifi. Adanya fitur Bluetooth versi 4 yang menawarkan kemampuan transfer data lebih cepat dari versi sebelumnya, namun dengan konsumsi daya yang rendah.

Pada OPPO Find Muse R821 terdapat fitur smart sleep. Dengan fitur tersebut layar akan terus menyala selama Anda menggunakan handphone, dan akan redup ketika tidak digunakan. Fasilitas ini mendeteksi mata pengguna yang terbuka dan menutup, sehingga akan menghemat konsumsi listrik.
Fasilitas lain yang bisa Anda gunakan adalah kamera depan, fitur GPS yang mendukung A-GPS, dengan fitur ini Anda bisa mengetahui titik lokasi Anda dengan tepat. Ponsel ini juga dilengkapi dengan radio fm, sehingga Anda bisa mendengar siaran radio favorit Anda.

Meskipun memiliki banyak kelebihan, OPPO Find Muse R821 juga memiliki kekurangan. Kapasitas RAM OPPO Find Muse R821 hanya 512MB, sehingga kurang nyaman jika menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Kamera dengan kekuatan yang cukup rendah yaitu 3.2 MP dengan resolusi maksimum 2048 x 1536.  Fitur kamera dilengkapi dengan autofokus, geo tagging, namun tanpa lampu flash led dan kamera depan hanya VGA. Kapasitas baterai yang biasa, yaitu 1700 mAh.

Samsung Galaxy Ace3
Setelah sukses dengan smartphone Galaxy Core, Samsung mencoba membidik pasar kelas menengah di bawah Galaxy Core dengan mengutus smartphone Galaxy Ace3Samsung Galaxy Ace3, merupakan penerus dari Galaxy Ace2. Samsung Galaxy Ace 3 ini mengusung sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean dengan antarmuka Samsung Nature UX 2.0 dan dibekali dengan memori internal sebesar 4GB yang dilengkapi dengan slot microSD untuk ekspansi memori eksternal. Galaxy Ace 3 dibekali baterai berkapasitas 1500mAh. Sektor dapur pacu, Galaxy Ace 3 ini ditenagai chipset dari Broadcom BCM21664 yang mengusung prosesor dual-core ARM Cortex-A9 dengan kecepatan 1GHz yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB dan grafis handal dari Broadcom VideoCore IV. Sejak Galaxy Y, Samsung memang sering menggunakan chipset besutan Broadcom. Samsung Galaxy Ace 3 mengusung layar berukuran 4 inci touchscreen dengan resolusi WVGA 800 x 480 piksel berjenis TFT. Secara umum, spesifikasi layar Galaxy Ace 3 ini standar di kelasnya, tak ada yang istimewa. Dari sektor kamera, Galaxy Ace3 ini dibekali dengan kamera belakang resolusi 5MP yang dilengkapi dengan kemampuan untuk merekam video HD 720p dan LED flash, serta kamera depan VGA. Sektor konektivitas Galaxy Ace3 ini mengandalkan Bluetooth, WiFi, NFC, dan GPS. Secara umum, spesifikasi Galaxy Ace 3 ini tidak jauh berbeda dengan Galaxy Core dan berperan mengisi ruang kosong antara Galaxy Fame dengan Galaxy Core. Sementara kekurangan Samsung Galaxy Kapasitas baterai yang rendah yaitu 1500 mAh, dengan baterai ini smartphone bisa melakukan panggilan hingga 8 jam, dan standby hingga 370 jam. Kamera depan Samsung Galaxy Ace3 yang digunakan adalah jenis VGA dan jenis layar yang digunakan adalah layar sentuh kapasitif TFT standar, bukan amoled ataupun IPS.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan kedua HP diatas, tentunya Anda saat ini sudah bisa menentukan pilihan untuk membeli HP yang mana. Tentu kondisi keuangan akan menjadi prioritas Anda. Apabila Anda lebih mementingkan trend merk, tentu Anda akan memilih Samsung Galaxy Ace3, namun apabila Anda mementingkan kualitas dan harga, tentu Anda akan memilih OPPO Find Muse R821.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar